Selasa, 12 Februari 2013

Strategi Kementan Capai Swasembada Daging

Headline



Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian (Kementan), Syukur Iwantoro mengatakan, populasi sapi dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Pada 2011 jumlah sapi sebanyak 15,421 ekor dan di 2012 meningkat menjadi 16.656 ekor sapi.

"Kita (Kementan) masih yakin swasembada bisa tercapai bila mendapatkan dukungan dari segala instansi, baik pemerintah maupun masyarakat lainnya," katanya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi IV DPR di Gedung DPR Jakarta, Senin (11/2/2013).

Syukur mengatakan, akan terus meningkatkan populasi sapi dan menekan impor hingga akhirnya hanya impor daging sapi dan sapi hidup sebesar 10%. Upaya peningkatan sapi lokal tersebut, seperti penerapan pembibitan ternak yang baik dalam dua tahun sebesar 0,50%, dari 3,50% menjadi 4% dan mempertahankan kelembagaan pembibitan.

"Lalu penguatan sistem kesehatan hewan nasional dalam menurunkan tingkat kesakitan dan meningkatkan kinerja RPH (Rumah Pemotongan Hewan)," ucapnya.

Selain itu, pemerintah juga berkerja sama dengan Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan dalam memperbaiki distribusi dan transportasi sapi. "Mulai Febuari 2013 akan disediakan gerbong khusus daging oleh PT KAI dari Provinsi Jawa Timur ke Jakarta. Sedangkan pengakutan sapi antar pulau, PT PELNI akan menyediakan kapal khusus pengakutan ternak pada April 2013 bisa beroperasi," tuturnya. [hid]

0 comments:

Posting Komentar