Selasa, 19 Februari 2013

Ajak Jokowi Kampanye, Rieke-Teten Kena Sanksi Panwaslu

Selasa, 19/02/2013 10:26 WIB


Indra Subagja - detikNews
Jakarta - - Cagub-cawagub Jabar Rieke Dyah Pitaloka dan Teten Masduki diberi sanksi Panwaslu. Pasangan nomor lima itu dianggap melanggar aturan dengan mengikutsertakan pejabat negara yakni Gubernur DKI Jokowi dan Wagub Banten Rano Karno tanpa izin cuti.

"Jadi pasangan nomor lima tidak boleh kampanye lagi. Direkomendasikan tidak boleh kampanye sampai akhir kampanye," jelas Ketua Panwaslu Jabar Ihat Subihat saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (19/2/2013).

Keputusan ini merupakan pleno Panwaslu Kabupaten Bandung. Rapat digelar hingga pukul 03.00 WIB. Pihak kuasa hukum Rieke-Teten pun sudah dimintai keterangan.

"Mereka tidak bisa menunjukkan surat izin cuti Jokowi," kata Ihat.

Ihat menegaskan, pasangan Rieke-Teten melanggar Peraturan KPU No 14/2010 pasal 47 ayat 1 dan 2 di mana melibatkan pejabat negara tanpa cuti.

"Keputusannya sudah dikirim ke KPUD, keputusan sudah bulat. KPUD Harus menghormati dan melaksanakan rekomendasi Panswas. Bila tidak, Panwas akan melaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)," urainya.

Jokowi ikut kampanye pada Sabtu (16/2) di Bandung dan Minggu (17/2) di Depok. Jokowi mengaku sudah mengajukan cuti ke Kemendagri. Tapi pihak Kemendagri menjelaskan izin cuti dari surat Jokowi baru datang pada Jumat (15/2). Kemendagri menegaskan, semestinya surat diajukan 12 hari sebelumnya.

0 comments:

Posting Komentar