Kamis, 14 Februari 2013

2013, Google Bisa Raup Rp48 Triliun dari Tablet


Kamis, 14 Februari 2013 09:37 wib
Andina Librianty - Okezone
detail berita
Ilustrasi (Foto: Mashable)
CALIFORNIA - Google diprediksi bisa mendapatkan pendapatan USD5 miliar atau sekira Rp48 triliun dari penjualan iklan di mesin pencarinya pada perangkat tablet, tahun ini. Prediksi itu dipicu langkah Google dengan meningkatkan harga yang harus dibayar pengiklan untuk menampilkan pesan di mesin pencari Google pada perangkat mobile, termasuk tablet.

Dilansir dari Wall Street Journal, Kamis (14/2/2013), prediksi itu berasal dari Marin Software, salah satu perusahaan terkemuka yang membantu pengiklan membeli iklan pencarian web. Pekan lalu, Google mengubah sistem iklannya sehingga pengiklan harus membayar untuk iklan di tablet, meski mereka hanya menargetkan pengguna PC.

Perusahaan itu mengatakan, keputusan tersebut dibuat karena garis antara PC dan tablet telah samar dan kinerja iklan pada kedua perangkat itu juga serupa. Laporan ini mendukung konsep Google bahwa efektivitas iklan pencarian di tablet - artinya tingkat setiap klik iklan menimbulkan penjualan atau tercapainya beberapa tujuan pengiklan-, naik 31 persen selama 2012.

Akibat tren itu, harga pencarian iklan di tablet akan sama dengan iklan pencarian desktop pada akhir tahun ini.  Sebagai catatan, saat ini harga iklan pencarian di tablet lebih rendah 17 persen dibandingkan PC.

"Pengiklan menghabiskan lebih banyak dari anggaran iklan mereka di tablet dibandingkan smartphone," kata Marin.

Menurut laporan Marin, pada akhir tahun ini diprediksi tablet akan berkontribusi 20 persen dari klik mouse pada iklan pencarian Google di Amerika Serikat (AS), naik dari 10,7 persen pada akhir 2012. Peningkatan itu seiring dengan lebih banyaknya orang menggunakan iPad dan tablet Android untuk menjalankan riset dan toko online.  dpc pks pariaman selatan

0 comments:

Posting Komentar