Kamis, 28 Februari 2013

Wapres Optimistis Kemajuan Ekonomi Indonesia Berlanjut


Thu,28 February 2013 | 10:14

   
Jakarta, 28/2 (ANTARA) - Wakil Presiden Boediono optimis kemajuan ekonomi Indonesia hingga 2014 akan berlanjut sekalipun dalam 10 bulan kedepan merupakan tahun penyelenggaraan pemilihan umum yang merupakan kegiatan politik.

""Saya yakin pada 2014 akan membawa dorongan baru dalam memperkuat reformasi dan pembaharuan. Saya optimis tentang prospek itu," kata Wapres Boediono saat memberikan sambutan kunci "Economist Conference Indonesia Summit 2013" di Jakarta, Kamis.

Menurut Boediono, fakta selama ini menunjukkan bahwa Indonesia saat ini tetap menjadi salah satu tempat yang kondusif dengan iklim ekonomi yang baik sehingga merupakan alasan kuat untuk optimisme tersebut.

Bukti itu, kata Wapres, diperlihatkan saat berhasil melewati krisis global tahun 2008 yang nyaris tanpa melalui kesulitan.

"Memang ada beberapa sektor yang tumbuh negatif tetapi kemudian dengan cepat pulih, dan sejak itu kami telah mampu mempertahankan pertumbuhan kami lebih dari enam persen dengan penurunan tingkat pengangguran dan kemiskinan," kata Wapres.

Sepanjang periode tersebut, katanya, stabilitas keuangan dan ekonomi tetap dipertahankan.

Menurut Boediono, perekonomian Indonesia sangat berlabuh di dua pilar stabilitas, yaitu politik dan makroekonomi.

Indonesia memiliki sumber daya alam yang luas dan beragam dengan konsumsi domestik sekitar 60 persen.

Dari sisi permintaan perekonomian Indonesia juga sangat kuat dengan pertumbuhan konsumsi dan investasi akan membaik selama dua hingga tiga tahun ke depan.

Hal lain yang menjadikan Wapres optimistis dengan perekonomian nasional adalah kondisi politik yang stabil, meskipun banyak negara yang alami krisis politik.

"Meskipun banyak rintangan awal, reformasi berjalan dengan baik. Demokrasi baik di tingkat pusat maupun daerah juga berjalan baik," kata Wapres.

0 comments:

Posting Komentar