Selasa, 05 Februari 2013

Deddy Mizwar Ingin Bangun Industri Film di Jawa Barat

CIREBON - Budayawan dan bintang film senior H. Deddy Mizwar mengatakan ingin membangun industri film di Jawa Barat. Karena potensi Jawa Barat itu sangat besar dan kaya budaya. Hal itu diungkapkan Deddy Mizwar, yang juga calon Wakil Gubernur Jawa Barat, dalam acara Ngobrol Bareng Deddy Mizwar, Menggali Potensi Seni Budaya Film Daerah, di Gedung KNPI Kuningan, Jawa Barat, Senin (4/2). Menurut Deddy Mizwar, film merupakan media paling ampuh untuk berkomunikasi dengan masyarakat. "Banyak orang yang tiba-tiba menangis atau tertawa karena menonton sebuah film," ujarnya pada acara yang digelar Sanggar Kreatifitas Barudak Kuningan (SKBK) itu.
Apalagi, kata dia, kini tak ada lagi yang bisa membendung film, termasuk negara melarang rakyatnya menonton film, misalnya. "Film bisa dengan mudah masuk ke kamar tidur kita melalui televisi," ujarnya. Ditambah dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, membuat masyarakat kian dimanja untuk menyaksikan film di mana pun. Di sisi lain, Provinsi Jawa Barat dengan jumlah penduduk yang mencapai 46 juta, menurut Deddy Mizwar, merupakan potensi besar untuk industri film. Orang Jawa Barat juga kreatif-kreatif. Alamnya begitu indah. Apa saja ada di Jawa Barat. "Mungkin Tuhan menciptakan Jawa Barat dengan tersenyum," katanya.
Karena itu, seniman senior itu menambahkan, terasa aneh jika suatu daerah tingkat kabupaten atau kota, tidak ada gedung film. Padahal, film merupakan bagian dari informasi yang menjadi hak rakyat yang harus dipenuhi oleh pemerintah. "Menurut saya, daerah seperti Kabupaten Kuningan ini, termasuk daerah yang tertinggal dalam hal informasi karena tidak memiliki gedung film," kata Deddy Mizwar. Ketika dia bertanya, "Apakah sudah menonton film Ainun Habibie?", mayoritas audien menjawab: Belum. "Menyedihkan sekali," katanya.
Karena itu, Deddy Mizwar yang menjadi pendamping Calon Gubernur pertahana H. Ahmad Heryawan, menyatakan akan bekerjasama dengan seniman, budayawan, segenap lapisan masyarakat, dan pemerintah daerah untuk mendorong tumbuhnya industri film. Dalam acara yang dihadiri ratusan audien itu, Deddy Mizwar berpesan kepada para seniman untuk tidak meminta bantuan dalam bentuk uang. Tetapi, seharusnya pemerintah menyediakan ruang yang cukup untuk para seniman dan budayawan berkreasi.
Sebagai Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengatakan, jika masyarakat mempercayainya, ia akan mengembangkan pusat kebudayaan dan kesenian di setiap kabupaten / kota di Jawa Barat. "Setiap kabupaten kota harus memiliki Pusat Kebudayaan dan Kesenian," ujarnya. Dengan demikian, ia menambahkan, para pelaku seni memiliki tempat untuk menampilkan karyanya. Di sisi lain, masyarakat luas termasuk wisatawan asing, bisa dengan mudah jika ingin menyaksikan kekayaan budaya setempat. Adanya pusat kebudayaan yang berkembang dengan baik akan mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif di masyarakat. Namun, menurut Deddy Mizwar, yang lebih penting ialah pembentukan karakter masyarakat melalui kekayaan budaya sendiri.
AddThis Social Bookmark Button dpc pks pariaman selatan

0 comments:

Posting Komentar