Minggu, 06 Januari 2013

SP Waspada, Padangpariaman Optimistis

 Hari ini Final Semen Padang Cup U-22
Padang, Padek—Dua bulan sudah turnamen Semen Pa­dang Cup U-22 bergulir. Kom­petisi yang diikuti 19 tim ter­sebut mencapai partai puncak­nya hari ini. Di mana tuan ru­mah Semen Padang akan di­tantang Padangpariaman pada laga final di Stadion H Agus Salim Padang pukul 15.30 WIB nanti.

Kedua tim mengusung spi­rit optimistis bakal mampu menjuarai turnamen tersebut. Kepada Padang Ekspres, Jumat (4/1), pelatih kepala Padang­pariaman Aminudin menyebut­kan, mereka tidak gentar dengan nama besar Semen Padang.  “Kami akui Semen Padang memiliki materi pemain yang ba­gus. Tapi, da­lam sepakbola ti­dak ada tim yang tidak bisa di­kalahkan,” ujarnya optimistis.

Optimistis tersebut bukan­lah gertak sambal. Pasalnya, Padangpariaman bukanlah tim kemarin sore, yang sampai ke final dengan kebe­runtu­ngan. Sebagai sebuah tim, Padang­pariaman juga memi­liki pres­tasi bagus. Ter­anyar, mereka mampu meraih medali emas pada Porprov XII Lima­puluh Kota beberapa waktu lalu.

Dari sisi permainan, Pa­dang­pariaman juga memiliki kecepatan yang sering mere­potkan lawan-lawannya. Ini terlihat saat mereka menga­lahkan Tanahdatar 3-2 pada partai semifinal 23 Desember lalu. Di mana, gol-gol tersebut terjadi lewat serangan cepat para pemain sayap kiri dan kanan mereka.

“Kami akan memaksi­mal­kan semua kekuatan yang kami miliki. Dua sayap akan tetap menjadi andalan. Tapi dalam menghadapi Semen Padang nan­ti, terlebih dahulu kami akan berusaha untuk mengua­sai lini tengah,” sebut Aminudin.

Strategi tersebut agaknya pas bagi Padangpariaman. Pasalnya, Semen Padang me­miliki kelebihan dalam pe­nguasaan bola. Dalam bebe­rapa pertandingan, para pe­main Kabau Sirah Muda –julukan Semen Padang U-22- terlihat piawai dalam hal me­ng­a­lirkan bola dari kaki ke kaki.

Itupun diakui Aminudin. Jadi, ada kemungkinan dia akan menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain sabar, menunggu Semen Padang me­la­kukan kesalahan dan kemu­dian secepat mungkin me­lakukan serangan balik ke per­tahanan lawan dengan me­manfaatkan dua sayapnya yang memiliki kecepatan.

Terpisah, meski lebih di­ung­gulkan untuk menjadi jua­ra pada turnamen ini, pelatih kepala Semen Padang Wel­liansyah tak merasa jumawa. Dia tetap menganggap Pa­dang­paria­man sebagai lawan yang tetap mesti diwaspadai.  “Mere­ka tim bagus. Buktinya mereka mampu jadi juara di Porprov. Selain itu, sebuah tim yang sampai pada laga final adalah tim bagus yang patut diwaspadai,” katanya.

Dalam laga final nanti, man­tan bek tangguh Semen Padang FC itu, akan meng­instruksikan anak didiknya mewaspadai kecepatan yang dimiliki pemain-pemain Pa­dangpariaman. Nah, untuk mengantisipasi kecepatan la­wannya, Welli pun meng­ingin­kan Yosua Pahabol dkk untuk bermain sabar dan menguasai bola selama mungkin.

Tapi sebutnya, dari sisi nonteknis, yang harus diwas­padai betul dari Pa­dang­pa­riaman adalah motivasi para pemainnya. Sebab, menurut Welli, tim manapun yang ber­ha­dapan dengan Semen Pa­dang memiliki motivasi lebih un­tuk mengalahkan Semen Pa­dang. “Mengalahkan Semen Pa­dang adalah sebuah ke­bang­gaan. Jadi, tim manapun akan me­miliki semangat yang berli­pat saat menghadapi ka­mi. Ini yang patut diwaspadai juga,” tukasnya.

Tibo dan Jandia Cari Lawan

Dua punggawa Semen Pa­dang FC, Titus Bonai dan Jan­dia Eka Putra akan ikut mera­maikan laga final ter­sebut. Sebagaimana disam­paikan koordinator media promosi Semen Padang Cup U-22 Ron­ny Suhatril, dua punggawa akan menantang para penon­ton dalam dalam penalti ber­hadiah.

“Jadi, nanti kami akan mengundi para penonton un­tuk menjadi penendang pe­nalti dan kiper dalam penalti. Yang terpilih jadi penendang akan berhadapan dengan Jan­dia, sedangkan yang terpilih jadi kiper akan berhadapan dengan Titus Bonai,” tutur Ronny. Bagi penonton yang berhasil menahan tendangan Tibo dan membobol gawang yang dikawal Jandia, maka panitia akan memberikan ha­dia jersey asli Semen Padang FC.

Selain itu, sebelum laga final dilangsungkan, akan ber­tanding terlebih dahulu tim ekse­kutif yang bermaterikan pejabat-pejabat PT Semen Padang, Wakil Wali Kota Pa­dang Mahyeldi Ansharulah dan Bupati Padangpariaman Ali Mukhni, akan berhadapan dengan tim PWI Sumbar. (*)

0 comments:

Posting Komentar