Sabtu, 12 Januari 2013

Gempa 6 SR Guncang Aceh, Warga Panik

 TRIBUNNEWS.COM,  BANDA ACEH - Banda Aceh diguncang gempa kuat, Kamis (10/1/2013) malam ini.
Wartawan TRIBUNnews.com Network) melaporkan, getaran gempa yang kuat membuat panik warga, terutama yang bermukim di kawasan pesisir.
Di beberapa titik dilaporkan terjadi kemacetan. Sementara para relawan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Banda Aceh, yang memantau situasi di beberapa wilayah terus mengimbau agar warga tidak panik.
Menurut informasi yang diperoleh TRIBUNnews.com dari BMKG, gempa berkekuatan 6,0 SR terjadi  pukul 20:47:06 WIB,65 Km (77 km Barat Daya Kabupaten Aceh Jaya).
Pantauan Serambinews.com dari komunikasi para relawan RAPI Banda Aceh, kemacetan sempat terjadi di kawasan Simpang Dodik, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar. Namun, kondisi mulai berangsur-angsur lancar dan terkendali.
Sementara relawan RAPI yang memantau di kawasan pantai Uleelheu menyebutkan, beberapa saat setelah gempa  sebagian warga meninggalkan rumah dan menuju ke pusat kota.
"Namun, kondisi laut terlihat cukup tenang," lapor seorang relawan RAPI.  Lailatussa'adah (37), warga Punge Jurong yang dihubungi Serambinews.com mengaku sudah meninggalkan rumah bersama seluruh anggota keluarganya.
"Saya juga mendengar siaran radio bahwa keadaan memang aman. Tapi untuk berjaga-jaga kami meninggalkan rumah untuk sementara, karena kami melihat pergerakan burung dari arah laut. Nanti kalau sudah aman kami akan kembali lagi," ujarnya.
Komunikasi relawan RAPI menyebutkan pusat gempa berada di perairan Kabupaten Aceh Jaya, yang berjarak sekitar 80 kilometer arah barat Kota Banda Aceh.(*)

0 comments:

Posting Komentar