Senin, 14 Januari 2013

PKS Persilakan Dana Kampanye Diaudit


Minggu, 13 Januari 2013 | 18:40 WIB
DokMI/ip
TERKAIT

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan siap mempertanggungjawabkan transparansi dana kampanye dan mempersilakan jika akan diaudit.

Dalam proses penyelenggaraan pemilu, kampanye menjadi salah satu bagian terpenting dalam siklus pemilu karena menjadi momentum bagi kontestan dalam pemilu untuk menggalang dukungan politik pemilih.

Dengan demikian, kekuatan dan kualitas kampanye parpol peserta pemilu sangat dipengaruhi oleh kemampuan parpol dalam menggalang dan mengelola dana kampanye. Semakin besar kemampuan partai politik atau kandidat dalam menggalang dana kampanye, maka akan member peluang yang lebih besar kepadanya untuk melakukan kampanye secara lebih massif.

Sehubungan dengan itu, transparansi sangat penting untuk menghindari manipulasi dana publik untuk membiayai kampanye. Hal itu pula yang disampaikan oleh Wakil Ketua Fraksi PKS Sohibul Iman. Berbicara soal dana kampanye, pihaknya menegaskan akan transparan sesuai aturan. "Semua penerimaan bantuan dan semua pengeluaran selalu siap diaudit oleh yang berwenang," tandasnya, Minggu (13/1).

Berkaitan dengan rekrutmen bakal calon anggota legislative, PKS sedang menjalani proses tersebut untuk persiapan pada pemilu 2014. Dalam hal ini, lanjut Sohibul, PKS berupaya memperbaiki system rekruitmen caleg agar dapat memperoleh kader-kader yang bersih dan berkualitas.

"Kita harus mempertahankan capaian partai selama ini sebagaimana rilis yang disampaikan ICW bahwa pada tahun 2012 PKS adalah salah satu partai yang bersih dari korupsi," ungkapnya.

Syarat lainnya, ujar dia, juga harus setuju dengan garis perjuangan PKS, memiliki rekam jejak yang baik dan kompetensi yang mumpuni.

Pasca pengundian nomor urut peserta pemilihan umum pada 14 Januari 2012 nanti, PKS yang merupakan salah satu dari 10 partai yang lolos verifikasi faktual dan menjadi peserta pemilu 2014 ini akan tancap gas.

"Pergerakan PKS nanti akan semakin terlihat setelah pengundian nomor urut besok ini. Kita akan tancap gas dan mengikuti tahapan pemilu sebagaimana mestinya," tungkasnya (AN/OL-  (pks pariaman selatan)

0 comments:

Posting Komentar