Jumat, 04 Januari 2013

Pesawat Saudi Dukung Serangan AS di Yaman


Jumat, 4 Januari 2013 | 10:43 WIB
Dibaca:
|
Share:

Pesawat Saudi Dukung Serangan AS di YamanBBC
Yaman


LONDON, KOMPAS.com - Arab Saudi memberikan sejumlah jet tempur untuk mendukung AS melancarkan serangan dengan pesawat tak berawak ke sejumlah sasaran Al Qaeda di Yaman, lapor London Times, Jumat (4/1).

Sejumlah pesawat tak berawak (drone) AS mendukung pasukan Yaman dalam memerangi militan Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP). Al Qaeda Yaman dinilai Washington merupakan cabang kelompok itu yang paling aktif dan paling mematikan dalam jaringan teroris global.

London Times mengutip sebuah sumber intelijen AS yang mengatakan, "beberapa dari apa yang disebut misi pesawat tak berawak sebenarnya merupakan misi Angkatan Udara Saudi".

Jumlah serangan pesawat tak berawak AS di Yaman hampir tiga kali lipat pada tahun 2012 dibandingkan tahun 2011, demikian menurut data lembaga "think tank" New America Foundation yang berbasis di Washington. Itu untuk pertama kalinya jumlah serangan di wilayah itu melebihi dari yang dilancarkan di Pakistan.

Sebuah serangan baru pesawat tak berawak AS hari Kamis menewaskan tiga tersangka Al Qaeda di kota Rada di Peovinsi Al Bayda, di Yaman tengah, kata sumber-sumber dari pihak suku-suku lokal.

AQAP mendapat keuntungan dari kelemahan pemerintah pusat di Yaman selama pemberontakan tahun 2011 melawan pemerintah Presiden Ali Abdullah Saleh yang kini terguling. Kelompok itu sukses menyita sebagian besar wilayah di selatan Yaman. Namun setelah serangan selama sebulan yang diluncurkan pada Mei tahun lalu oleh pasukan Yaman, sebagian besar gerilyawan  melarikan diri ke daerah padang pasir yang lebih kacau lagi di timur negara itu.
 
Sumber :
AFP
Editor :
Egidius Patnistik  (pks pariamanselatan)

0 comments:

Posting Komentar